cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25496700     EISSN : 25496719     DOI : -
Core Subject : Education,
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, praktisi dan pengkaji dalam disiplin ilmu pendidikan matematika terutama pada pengembangan model pembelajaran dan pengembangan perangkat serta istrument pembelajaran matematika
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Histogram" : 21 Documents clear
ANALISIS SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA DI SMPN 2 KARAWANG BARAT Siti Nurhayati; Dadang Rahman Munandar
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.993

Abstract

Pembelajaran matematika selain mengembangkan pada aspek kognitif siswa juga mengembangkan pada aspek afektif siswa. Aspek afektif salah satunya adalah self efficacy atau efikasi diri yang artinya keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Self efficacy matematika mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui self efficacy matematika dalam pembelajaran di SMPN 2 Karawang Barat. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A berjumlah 37 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 18 pernyataan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor keseluruhan adalah 11,40 berada dalam kategori sedang. Indikator self efficacy ada 5, yaitu indikator pertama memperoleh rata-rata 11,51 berada pada kategori sedang, indikator kedua 12,14 kategori sedang, indikator ketiga 11,62 kategori sedang, indikator keempat 13,24 kategori sedang, indikator kelima 8,50 kategori tinggi.  
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP Syaharuddin Syaharuddin
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1449

Abstract

This type of research uses an ex-post facto approach to examine learning outcomes influenced by parental attention through the motivation of learning mathematics of grade IX Junior High School students in Turatea district of Jeneponto district during the covid-19 pandemic with a research sample of 125 students. Data collected using instruments: (1) parental attention questionnaires; (2) learning motivation questionnaire; and (3) tests of mathematical learning outcomes. Data analysis is done with descriptive analysis techniques to describe the characteristics of respondents' scores namely mean, satandar deviation, variance, minimum, and maximum, while to test hypotheses is done with inferential analysis using path analysis. The interpretation results show that: (1) students' mathematical learning outcomes in the conditions of the covid-19 pandemic are significantly influenced by parental attention; (2) students' mathematical learning outcomes in the conditions of the covid-19 pandemic are significantly influenced by student learning motivation; (3) student learning motivation in the condition of the covid-19 pandemic is significantly influenced by parental attention; and (4) student learning outcomes in the conditions of the covid-19 pandemic are significantly influenced by parental attention through student learning motivation.
KEPUASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA Della Haya Halimah; Ayu Faradillah
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1285

Abstract

Teacher job satisfaction has a positive effect on effective learning, therefore it is necessary to increase teacher job satisfaction. Teacher job satisfaction should also be a priority in education policy. This study aims to analyze job satisfaction and teacher characteristics in learning mathematics. This study uses qualitative data. Data was collected using questionnaires and interviews. The results of the data obtained were transferred to Ms. Excel is then processed using Winstep software to get high, medium, low levels of teacher job satisfaction. For research subjects,  there are 94 mathematics teachers in Jakarta and outside Jakarta. The results showed that 3 male teachers and 14 male teachers had a high level of job satisfaction. 17 male teachers and 38 female teachers had a moderate level of job satisfaction, 5 male teachers and 17 female teachers had a low level of job satisfaction. Then the researcher took 1 respondent from each area of Jakarta and outside Jakarta to be interviewed.According to the Wright Maps results, female mathematics teachers have the highest teacher job satisfaction, namely 14 people. According to the results of interviews, female teachers are satisfied to be teachers because of school infrastructure, salaries, student characteristics, increasing knowledge, getting good colleagues, and good principals.
PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA Restu Ayu Gustianingum; Yenita Roza; Maimunah Maimunah
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1104

Abstract

The Covid-19 pandemic caused a change in the learning process from face-to-face learning to online learning. This article aims to present the perceptions of MAN students regarding online learning in Pekanbaru City. This type of research is qualitative research. Data collection in this study was carried out by giving a questionnaire with the help of google form and interviews. Samples were randomly selected of 347 students throughout the city of Pekanbaru. Students are given a questionnaire that has been tested for validity and reliability. he results showed that the students tended to give a positive perception that was 59%. However, students gave negative perceptions on several indicators such as technical indicators and the learning process. This shows that there are obstacles faced by students during online learning, especially in mathematics.
PERBANDINGAN KEFEKTIFAN GOOGLE CLASSROM DAN MICROSOFT TEAMS DALAM MENGELOLA KELAS ONLINE Akbar Nasrum; Made Subawo
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1312

Abstract

Learning Manajemen System (LMS) menjadi salah satu alternatif untuk melaksanakan pembelajaran selama masa Covid-19. Dua diantara LMS yang sudah dikenal oleh masyarakat pelajar yaitu Google Classroom dan Microsoft Teams. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua LMS dalam mengelola kelas online agar diperoleh informasi yang lebih jelas tentang kelebihan, kekurangan serta keefektifan masing-masing LMS. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan dua LMS ini untuk mengajar pada dua kelompok kelas di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Kemudian mengukur dan membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua LMS pada beberapa indikator. Instrumen utama dalam menganalisa kelebihan dan kekurangan kedua LMS ini adalah peneliti sendiri. Data diperoleh pada saat proses pembelajaran berlangsung. Semua informasi tentang fungsi fitur kedua LMS dikumpulkan kemudian direduksi sehingga diperoleh data yang jelas yang mempermudah dalam membuat kesimpulan. Data lain berupa hasil belajar mahasiswa juga dikumpulkan menggunakan fitur pengujian masing-masing LMS. Ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua hasil belajar yang diperoleh. Disisi lain, ada delapan fitur LMS yang masing-masing memiliki keunggulan. Google Classroom unggul dalam hal kecepatan akses, fitur penilaian dan fitur absensi. Microsoft Teams unggul dalam hal penyimpanan data dan komunikasi. Sementara fitur administrasi, pengujian dan penyampaian bahan ajar masing-masing memiliki kelebihan tersendiri untuk kedua LMS masing-masing.
KESULITAN DAN HAMBATAN SISWA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN GENDER Arini Pratiwi Putri; Risma Amelia
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1362

Abstract

After the pandemic entered Indonesia, the Indonesian government has adopted a variety of methods to reduce the spread of the coronavirus, one of which is implementing a policy of physical distance. These policies limit the speed of development in various areas of life, one of which is the field of education, which is implemented through the distance learning (PJJ). The purpose of this research is to analyze the difficulties and obstacles that students face in the online learning process and their solutions. The research method used is a descriptive qualitative research method. The study was conducted in August and the number of respondents was 77 students in Class VII SMPN 3 Lembang, including 38 female students and 39 male students. The results of this study show that male and female students have almost the same difficulties and obstacles in online learning, but female students are more likely to encounter these difficulties because it is difficult for female students to concentrate on online learning.
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs PADA MATERI LINGKARAN Nida Nafi; Ibrahim Ibrahim
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.931

Abstract

Low problem solving ability will give students a problem. These problems are part of the background of this research. The purpose in this study was to give description about the problem-solving profile in class VIII students on circle material which is based on the differences in mathematical abilities in terms of the Polya stage. Four (4) grade VIII students of MTs N 3 Banjarnegara were the chosen targeted subjects in this research, each of which consisted of students with different categories which are high and medium to low cabilities. The instrument in this study was the researcher, who received assistance using interviews and also some questions on a test for solving a problem in the field of mathematics. The results in this study showed that students who have high abilities able to carry out the calculation steps, but students who had high abilities were more dominant in being able to understand the problem. Students with moderate abilities are more dominant in being able to carry out calculations in the step of planning completion. Meanwhile, low-ability students are able to perform calculation steps, but low-ability students experience a little difficulty in carrying out each of the steps.
PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA TERAPAN UNTUK MODEL BLENDED LEARNING I Ketut Darma; I Gede Made Karma; I Made Anom Santiana
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1113

Abstract

Strategi blended learning merupakan pencampuran dua atau lebih strategi pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang diharapkan. Komponen pembelajarannya, yaitu; 1) online learning, 2) pembelajaran tatap muka, dan 3) belajar mandiri. Pembelajaran matematika ke depan,  mengarah ke penggunaan model blended learning. Bahan ajar sebagai sumber belajar perlu disesuaikan dengan kondisi mahasiswa dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Sangat perlu dikembangkan E-Modul matematika terapan untuk blended learning yang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas  dan praktikalitas E-Modul matematika terapan untuk model blended learning. Penelitian  menggunakan metode pengembangan model 4D meliputi: Define, Design, Develop, dan Disseminate, dilaksanakan di Politeknik Negeri Bali (PNB).  Subjeknya: ahli isi, ahli media, ahli desain, praktisi dan mahasiswa.  Data validitas bersumber dari ahli isi, media, dan desain dikumpulkan memalui angket validasi. Data praktikalitas bersumber dari dosen pengajar matematika dan mahasiswa dikumpulkan melalui angket validasi dan  praktikalitas. Validitasnya dilihat dari  kelayakan: isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Sedangkan praktikalitas dilihat dari kemudahan penggunaan, kemenarikan sajian dan manfaat.  Data dianalisis secara deskriptif, hasilnya  menunjukkan tingkat validitas mencapai 84,5 % terkategori valid sedangkan praktikalitasnya sebesar 83,6 % terkategori praktis. E-Modul layak dan praktis digunakan untuk blended learing, namun perlu dilakukan revisi-revisi kecil. Implikasinya E-Modul  setelah dilakukan revisi kecil dapat dilanjutkan ketahap pengembangan selanjutnya yaitu uji keefektivan dan desiminasi
MEDIASI GENDER PADA HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR Wirawan Setialaksana; Nurul Mukhlisah Abdal; Muhammad Husnul Khuluq; Andi Yunarni Yusri
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1394

Abstract

Kecemasan matematika merupakan salah satu masalah serius di Pendidikan tinggi. Kecemasan ini dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kecemasan matematika yang berhubungan dengan evaluasi dan kecemasan belajar matematika. Kecemasan matematika dari 416 mahasiswa di Sulawesi Selatan diukur dengan menggunakan AMAS (Abbreviated Mathematics Anxiety Scale). Hasilnya dihubungkan dengan hasil belajar dan dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS. Analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa kedua kecemasan menunjukkan pengaruh negatif terhadap hasil belajar meskipun hanya kecemasan yang berhubungan dengan evaluasi yang menunjukkan hasil signifikan. Selain itu, analisis mediasi dengan PLS-MGA menunjukkan bahwa gender bukan variabel yang memediasi hubungan kecemasan matematika dan hasil belajar.
PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF MAHASISWA DI PRODI EKONOMI SYARIAH Rahma Hidayati Darwis
HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021): Histogram
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/histogram.v5i2.1067

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap secara mendalam mengenai kemampuan mahasiswa dalam literasi matematika mahasiswa program studi Ekonomi Syariah STAIN Watampone, selain itu penilitian ini juga berusaha mengungkap faktor yang dapat memberikan dampak atau pengaruh terhadap kemampuan berliterasi matematika oleh mahasiswa khususnya pada materi diferensial. Karena menggunakan kualitatif maka subjek yang dipilih didasarkan pada pertimbangan tertentu sehingga teknik yang digunakan purposive sampling. Informasi atau data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pengumpulan berupa observasi, tes, dan wawancara. Selanjutnya data atau informasi yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduction, display, dan conclusion atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis tergambar bahwa mahasiswa melalui gaya kognitifnya mampu mengimplementasikan keterampilan dan mengungkapkan alasan secara baik, serta menginterpretasikan penjelasan kemudian mengomunikasikan pendapat berdasarkan hasil intepretasi yang dilakukan. Selain itu mahasiswa sudah mampu menggunakan konsep diferensial untuk memodelkan persoalan-persoalan yang lebih kompleks. Selanjutnya beberapa faktor yang dapat memberikan efek atau pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam berliterasi matematika pada materi diferensial, yaitu gaya kognitif, mahasiswa belum dibiasakan dengan masalah-masalah yang memuat literasi matematika, dan kecenderungan pembelajaran belum banyak memberikan muatan literasi matematika dalam penyampaian materi di kelas

Page 1 of 3 | Total Record : 21